Gejala Kanker Prostat Pada Laki Laki

gejala kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling sering menyerang laki laki yang sudah berusia di atas 50 tahun. tumor ganas ini akan muncul di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki.

Tidak seperti kanker lainnya, kanker prostat biasanya berkembang sangat lama dan tidak mudah menyebar ke organ lain. Meskipun ada juga jenis kanker prostat yang cepat menyebarnya.

Sayangnya, hampir kanker prostat tidak ada tanda-tanda atau gejalanya pada awal munculnya. Ketika prostat bengkak atau kanker telah menyebar, biasanya baru muncul gejalanya.

Seperti dikutip dari itu Web MD, gejala yang dapat dirasakan ketika seorang lelaki terkena kanker prostat, antara lain, sering buang air kecil, terutama pada malam hari, kesulitan menghentikan aliran urine, bahkan dengan mudah mengeluarkan urin ketika tertawa dan batuk.

Dapat juga terasa sakit atau sensasi terbakar pada saat buang air kecil dan ejakulasi, perdarahan dari urin atau arah semen, hingga tekanan aliran urin tidak lancar atau terputus-putus.

Meski begitu, gejala ini juga bisa disebabkan oleh masalah dengan infeksi saluran kemih atau prostat membesar yang tidak karena kanker.

Pada kanker prostat, gejala mungkin diikuti dengan nyeri di panggul, punggung bawah, paha atas, dan tulang rusuk.

Perlu pemeriksaan lebih lanjut dari kelenjar prostat untuk menentukan apakah ada infeksi atau kanker.

Dalam pemeriksaan kesehatan berkala, pria yang lebih tua didorong untuk juga memeriksa keadaan kelenjar prostatnya. Risiko kanker prostat meningkat seiring dengan usia. Pemeriksaan dianjurkan adalah pemeriksaan colok dubur dan tanda tumor disebut PSA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *